Sepuluh Langkah Prosedural 
Menuju Kanonisasi

I
Sebelum memulai proses kanonisasi seorang Oblat, reputasi kesuciannya harus dibuktikan dan tulisan-tulisannya harus diuji. Syarat utama untuk proses kanonisasi adalah adanya devosi publik yang spontan dan meluas kepada calon Oblat yang akan dinyatakan menjadi orang kudus terebut (fama sanctitatis). Banyaknya orang yang memandang calon orang kudus tersebut sebagai model/teladan dan banyaknya orang yang mengandalkan perantaraan doanya menjadi suatu hal yang sangat menentukan dalam proses kaninisasi. Kriteria yang sah untuk menentukan sejumlah devosi kepada seorang Oblat ini adalah tingkat keterlibatan masyarakat setempat dalam semua aspek untuk mengusahakan proses kanonisasi ini.
II
Sebelum memulai proses kanonisasi seorang Oblat, reputasi kesuciannya harus dibuktikan dan tulisan-tulisannya harus diuji. Syarat utama untuk proses kanonisasi adalah adanya devosi publik yang spontan dan meluas kepada calon Oblat yang akan dinyatakan menjadi orang kudus terebut (fama sanctitatis). Banyaknya orang yang memandang calon orang kudus tersebut sebagai model/teladan dan banyaknya orang yang mengandalkan perantaraan doanya menjadi suatu hal yang sangat menentukan dalam proses kaninisasi. Kriteria yang sah untuk menentukan sejumlah devosi kepada seorang Oblat ini adalah tingkat keterlibatan masyarakat setempat dalam semua aspek untuk mengusahakan proses kanonisasi ini.
III
Biasanya uskup keuskupan yang merupakan tempat calon orang kudus meninggal dunia memberikan izin untuk membuka penyelidikan sebagai bentuk tanggapan atas permintaan umat beriman. Penyelidikan ini biasanya dibuka tidak lebih cepat dari lima tahun setelah wafatnya seseorang yang dianggap suci tersebut.
IV
Pada tahap proses kanonisasi seorang Oblat di tingkat keuskupan, uskup setempat harus menyetujui pengangkatan seseorang yang dinominasikan oleh Pemimpin Unit Oblat (Provinsi, Delegasi atau Misi) setempat dan ditunjuk oleh Postulator Jenderal Oblat, untuk menjalankan sampai tuntas segala aspek yang berhubungan dengan proses kanonisasi pada tingkat keuskupan . Orang ini, biasanya dikenal sebagai “Wakil Postulator”yang akan bekerja sama dengan Postulator Jenderal di Roma. Komunitas Oblat setempat berfungsi secara normal sebagai “Pelaksana proses kanonisasi”.
V
Seorang "Wakil Postulator" mengusahakan proses kanonisasi calon santo yang kemudian disebut "Hamba Tuhan". Dia mengatur peninjauan publikasi Hamba Tuhan (tulisan, pidato dan khotbah)yang dilakukan oleh komisi keuskupan. Ia menyusun biografi sang Hamba Tuhan yang ditulis secara terperinci dan mengumpulkan kesaksian-kesaksian tentangnya dari para saksi. Kartu-kartu doa dan bahan-bahan lainnya dapat dicetak untuk mendorong umat beriman berdoa memohon bantuan lewat perantaraan Hamba Tuhan dan ini akan menjadi suatu tanda kehendak Allah bahwa orang tersebut layak dikanonisasi. Sementara itu, dapat diberikan izin agar jenazah Hamba Tuhan itu digali dan diperiksa. Relikui dapat diambil. Sebuah sertifikasi "non kultus" dibuat untuk memastikan bahwa tidak ada penyembahan takhayul atau sesat atau kultus yang tidak pantas telah tumbuh/terjadi di sekitar Hamba Tuhan atau tempat pemakamannya.
VI
Ketika semua informasi tentang kehidupan yang bersifat kepahlawanan atau kemartiran telah dikumpulkan di tingkat keuskupan, penyelidikan Hamba Tuhan tersebut disampaikan kepada Kongregasi Penggelaran Kudus di Roma. Langkah pertama Kongregasi adalah menyetujui keabsahan kanonik dari penyelidikan keuskupan.
VII
Di Roma, Postulator Jeneral mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang kehidupan dan kematian Hamba Tuhan. Hasil penyelidikan keuskupan dan hasil penyelidikan postulator Roma digabungkan dalam bentuk tertulis, yang disebut “Positio”. Dalam bentuk cetak, dokumen ini merupakan ringkasan dari semua bukti yang diperlukan.
VIII
Setelah melalui rangkaian studi yang intensif dan dengan bukti positif oleh para sejarawan dan teolog Vatikan, Kongregasi Penggelaran Kudus akan merekomendasikan agar Bapa Suci mendekritkan kebajikan kepahlawanan Hamba Allah dari iman, harapan dan kasih. Sejak saat itu, orang yang dikatakan “pahlawan dalam kebajikan” disebut dengan gelar “Yang Mulia”. Seorang Yang Mulia tidak memiliki hari raya, tidak ada gereja yang boleh dibangun untuk menghormatinya, dan Gereja tidak membuat pernyataan tentang kemungkinan atau pasti kehadiran orang tersebut di surga.
IX
Beatifikasi adalah pernyataan Gereja bahwa “layak dipercaya” bahwa orang tersebut berada di surga. Langkah ini berbeda, tergantung pada apakah penyebabnya adalah kemartiran (disebabkan oleh Kemartiran) atau kehormatan (disebabkan oleh kebajikan kepahlawanan). Para martir tidak dinyatakan Yang mulia (venerabilis). Untuk seorang martir, Paus harus membuat pernyataan kemartiran, menyatakan bahwa calon orang kudus memberikan hidupnya secara sukarela sebagai saksi iman. Dalam hal ini mukjizat tidak diperlukan untuk proses beatifikasi.

Bagi Yang Mulia (venerabilis), harus ada bukti mukjizat yang telah terjadi melalui perantaraan doanya. Ini menjadi bukti bahwa Tuhan telah menunjukkan tanda bahwa orang tersebut sedang menikmati Penglihatan Bahagia dengan melakukan mukjizat sebagai jawaban atas doa-doa Sang Terrberkati. Saat ini, mukjizat-mukjizat ini hampir selalu merupakan penyembuhan ajaib karena ini adalah yang paling mudah dibuat berdasarkan persyaratan Gereja Katolik untuk sebuah “mukjizat.” Pengertian kesembuhan ajaib adalah: pasien sakit, penyakitnya tidak diketahui obatnya, doa ditujukan kepada Yang Mulia(venerabilis), pasien sembuh, penyembuhannya spontan, seketika, lengkap dan abadi, dan dokter tidak dapat menjelaskan secara ilmiah dengan penjelasan secara alami. Untuk membuktikan mukjizat, penyelidikan kanonik keuskupan lain harus dilakukan. Otoritas keuskupan tempat terjadinya mukjizat akan menanyai orang yang mengalami mukjizat, saksi-saksi lain yang mungkin, dan para dokter. Penyelidikan berfokus pada kredibilitas, bukti medis atau teknis, dan keaslian doa permohonannya.
Jika penyelidikan keuskupan ditutup dengan hasil positif, Kongregasi Penggelaran Kudus di Roma akan mengadakan penyelidikan lain, yang melibatkan tim ahli medis, ke dalam kasus tersebut. Bukti keajaiban bisa memakan waktu cukup lama. Penyembuhan ajaib dari beberapa jenis kanker, misalnya, akan membutuhkan masa tunggu sepuluh tahun untuk melihat apakah orang tersebut benar-benar sembuh. Dengan perayaan liturgi Beatifikasi, martir atau yang dimuliakan diberi gelar baru "Berbahagialah (Beato)". Sebuah hari raya dengan teks-teks liturgi yang tepat ditetapkan, tetapi pelaksanaannya biasanya terbatas pada keuskupan asal Sang Terberkati, ke lokasi-lokasi tertentu yang berhubungan dengannya, dan, tentu saja, ke gereja-gereja atau rumah-rumah keluarga religius Sang Terberkati, dalam kasus kita, para Oblat Misionaris Maria Tak Bernoda.
X
10. Untuk dikanonisasi, seorang Oblat Terberkati (Beato), setelah Beatifikasinya, harus melakukan mukjizat lain melalui perantaraannya. Kanonisasi adalah konfirmasi terakhir oleh Gereja bahwa orang suci pasti menikmati “Penglihatan membahagiakan” . “Santo” diberi hari raya yang dapat dirayakan di mana saja di dalam Gereja Katolik, meskipun mungkin atau mungkin tidak muncul pada kalender umum atau kalender lokal sebagai hari raya wajib. Gereja-gereja paroki dapat dibangun untuk menghormatinya, dan umat beriman dapat dengan bebas dan tanpa batasan merayakan dan menghormati santo tersebut.
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram